Sabtu, 06 Mei 2017

pesona alam dan tempat wisata jakarta selatan

Bertempat di kota metropolitan mungkin sedikit sulit untuk bisa menemukan lokasi wisata alam, kebanyakan orang tua akan mengajak anaknya untuk pergi ke pusat perbelanjaan dan bermain game saja. Padahal setiap orang memerlukan tempat wisata yang berlokasi di alam terbuka, selain bisa mendapatkan suasana yang segar juga dapat menjadikan mata anda lebih sehat karena melihat pemandangan hijau yang alami.

Setu Babakan


Kota Jakarta memang terkenal dengan adat Betawi nya yang sangat kental, baik dari segi busana, bahasa maupun kulinernya. Setu babakan merupakan salah satu pusat pelestarian budaya Betawi. Di area danau buatan seluas 30 hektar ini anda dapat menyaksikan ornament betawi, galeri batik khas betawi, kesenian betawi, serta wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Sehingga di lokasi wisata ini anda dapat menikmati pesona alam yang indah dan juga menikmati wisata edukasi yang sangat bermanfaat terutama untuk anak-anak. Sembari menyaksikan keindahan pemandangan di Setu Babakan ini anda juga bisa menikmati sajian khas betawi yaitu kerak telor, gado-gado, soto betawi, ketoprak, tahu gejrot dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Kebun Binatang Ragunan



Wisata kebun binatang adalah salah satu jenis wisata yang paling di favoritkan oleh anak-anak karena mereka bisa melihat secara langsung tingkah lucu para satwa yang ditampung dan dilestarikan di dalam kebun binatang. Ragunan adalah lokasi kebun binatang yang sangat ternama di area Jakarta umumnya dan Jakarta Selatan pada khususnya. Kebun binatang ini adalah kebun binatang pertama yang ada di Indonesia, sehingga bisa dikatakan merupakan kebun binatang yang tertua di negara ini.

Di dalamnya terdapat banyak jenis spesies satwa yang menarik, mulai dari reptile, mamalia, satwa liar dan masih banyak lagi. tiket masuk ke kebun binatang ini sangatlah murah jika dibandingkan dengan tiket masuk ke kebun binatang di beberapa kota lainnya. Hal inilah yang membuat wisata di kebun binatang ragunan selalu ramai pengunjung terutama di akhir pekan.

Taman Anggrek Ragunan

 
 Berlokasi tak jauh dari kebun binatang ragunan, taman anggrek ini merupakan wisata edukasi yang akan memberikan anda informasi mengenai jenis-jenis bunga anggrek. Di taman ini ada 5.000 spesies anggrek yang pastinya memiliki ciri khas masing-masing. Selain dapat menikmati keindahan bunga anggrek tersebut, anda juga bisa mempelajari cara pembibitan dan penanaman bunga yang eksotis ini. taman anggrek ini dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, anda pun bisa membeli bunga anggrek di taman ini untuk menambah koleksi bunga di taman rumah anda.

Museum Satria Mandala

 
 Museum ini terletak di jalan Gatot Subroto dan telah dibuka sejak tahun 1972, museum satria Mandala menyimpan banyak benda peninggalan jaman perang, misalnya saja tank, rudal, meriam, senapan hingga bambu runcing. Selain itu juga terdapat diorama dengan alur cerita yang memiliki nilai sejarah terutama pada saat perjuangan. Tidak hanya koleksi senjata perang saja namun anda juga bisa melihat mobil kuno yang terkena tembakan, tentu saja hal ini benar-benar asli dan bukan rekayasa.

Museum Layang-Layang


Hampir semua orang menyukai layang-layang tapi tidak semua orang bisa menerbangkannya. Layang-layang sebenarnya bukan hanya diminati oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa hal ini terbukti dengan diselenggarakannya festival layang-layang yang pesertanya adalah orang-orang dewasa. Museum layang-layang ini tidak dikelola oleh pemerintah namun merupakan koleksi pribadi yang sangat menggemari layang-layang. Di museum ini anda bisa melihat berbagai jenis layang-layang diantaranya adalah layangan juara festival, layangan kecil, layangan besar, layangan tradisional, layangan yang telah dimodifikasi dan ada juga layangan yang bisa mengeluarkan bunyi.
Layangan yang unik ini disertai dengan alat musik tiup yang akan mengeluarkan bunyi ketika terkena angin. Sehingga semakin tinggi layangan tersebut diterbangkan maka akan berbunyi semakin nyaring, sepertinya ini adalah layang-layang yang sangat menghibur semua orang. Museum layang-layang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Museum Reksha Arta


Museum yang berlokasi di Jalan Lebak Bulus no. 1 ini merupakan museum yang berkaitan dengan mata uang Indonesia. Di dalam museum ini anda dapat menjumpai mesin pencetak uang dan masih terawat hingga saat ini. Meskipun museum ini kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas, namun berwisata di museum Reksha Arta ini dapat memberikan wisata edukasi yang sangat bermanfaat untuk putra-putri anda.

Kemang Food Festival


Bagi pencinta kuliner malam hari, kemang food festival adalah lokasi yang paling tepat untuk dijadikan tempat hunting sajian kuliner nusantara. Wisata kuliner ini mulai buka pada pukul 5 sore hingga malam hingga tengah malam. Ada banyak sekali stand yang menjual sajian masakan dan minuman yang lezat dan pastinya harganya cukup bersahabat. Kawasan ini sangat ramai peminatnya, sehingga merupakan sumber kemacetan di wilayah kemang.

Cilandak Town Square

 
Tempat ini juga dikenal dengan sebutan Citos, merupakan satu wisata belanja dan hiburan bagi masyarakat sekitar Jakarta Selatan. Di area ini sering diselenggarakan acara-acara spesial yang secara tidak langsung dapat menarik minat para pengunjung. Bangunan berlantai dua ini cukup ramai pengunjung, apalagi pada hari minggu atau akhir pekan untuk mendapatkan parkir saja rasanya cukup sulit. Di sini anda juga bisa berbelanja fashion, parfum, makanan ringan, kebutuhan pokok atau bisa juga dengan duduk santai di café sambil menikmati secangkir kopi.

Pasar Santa


Salah satu pesona yang menarik dari pasar santa ini adalah adanya sajian kuliner yang disediakan oleh gerai-gerai yang jumlahnya cukup banyak, dan masing-masing gerai memiliki sajian kuliner yang berbeda. Pasar Santa banyak didominasi oleh anak muda, anak sekolah ataupun orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya untuk membeli makanan favorit mereka. Suasana di tempat ini mengambil konsep terbuka sehingga tidak menggunakan ac, namun demikian para pengunjung sangat betah berlama-lama di tempat ini. Beberapa jenis kuliner yang disediakan di pasar Santa ini tidak hanya kuliner nusantara saja, namun juga kuliner internasional. Misalnya saja masakan khas Meksiko yaitu Burito, Taco dan Quesadillas. Nama-nama makanan ini memang terdengar aneh sehingga banyak menarik rasa penasaran para pengunjung. Bagi anda yang menggemari masakan korea disini juga menjual ramen, dan tak ketinggalan masakan dalam negeri yaitu pisang coklatnya yang khas.
Bagi anda yang bertempat tinggal atau sedang singgah di Jakarta Selatan, referensi Tempat wisata di Jakarta Selatan yang telah di uraikan di atas bisa anda jadikan tujuan yang tepat untuk mengisi waktu liburan. Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar