Jumat, 12 Mei 2017

5 pesona alam dan tempat wisata di kota medan

Medan, siapa yang tidak tahu kota yang satu ini ? Merupakan Ibu Kota Provinsi Sumatra Utara, Medan adalah kota paling tersohor di Indonesia. Logat bahasa Medan merupakan logat yang paling unik dari beberapa jenis bahasa daerah di Indonesia.

Bika Ambon, Pancake durian dan Ulos merupakan beberapa icon yang terkenal di Medan. Namun tidak hanya itu, tempat wisata Medan juga menyimpan keindahan yang menakjubkan. Dibawah ini adalah beberapa objek wisata yang ada di Medan.

1. Tempat Wisata Medan – Bukit Lawang


Anda seorang pecinta alam dan mengaku suka tantangan menaklukan medan terjal ?Jangan sombong dulu jika Anda belum pernah berkunjung ke Bukit lawang. Tempat wisata medan yang satu ini akan membuat Anda tertantang dengan fasilitas berupa petualangan outbond bersama orang hutan yang akan menemani ke hutan desa Bukit Lawang.

Bukit lawang jika diartikan berarti “pintu ke bukit”, merupakan sebuah desa kecil yang masih menjadi cakupan wilayah Taman Nasional .jarak lokasi dari pusat kota Medan sekitar 90 kilometer ke barat laut. Bukit Lawang merupakan pintu gerbang menuju hutan Sumatera yang legendaris.

Untuk menuju tempat tersebut anda terlebih dahulu harus bersabar dan hati-hati degan trek medan yang begitu menakutkan. Jalanan licin dan curam akibat dari adanya lumpur yang berada dipinggiran tebing. Orang hutan merupakan icon yang menarik bagi para wisatawan, Bukit Lawang menjadi salah satu tempat terbaik di Indonesia bahkan telah diakui oleh dunia.

Setidaknya sekitar 5000 orang hutan mendiami kawasan bukit lawang yang disertai dengan klinik rehabilitasi orang hutan yang berdiri sejak tahun 1973. Tidak heran jika destinasi wisata yang satu ini tidak hanya dikunjungi wisatawan dalam negeri, namun juga manca Negara. Yang menyedihkan adalah, kini populasi orang hutan sudah semakin menurun akibat adanya pembalakan hutan liar.
2. Danau Toba


Ini dia tempat wisata Medan paling favorit. Siapa yang tidak tahu mengenal Danau Toba, danau paling melegenda di Indonesia bahkan juga telah dikenal oleh sebagian besar warga negara tetangga. Danau Toba adalah salah satu aset alam bangsa yang telah diakui dunia. Merupakan danau kawah yang memiliki luas sekitar 1.145 kilometer persegi, dengan kedalaman 450 meter. Dimana pada bagian tengahnya terdapat pulau berpenghuni yang tidak kalah eksotisnya.

Danau Toba, dengan luasnya yang demikian pantas jika dikategorikan sebagai lautan, namun tetap saja Toba merupakan sebuah danau yang ditengahnya terdapat pulau bernama “samosir”. Merupakan danau terbesar di Asia dan juga merupakan danau terdalam yang ada di Dunia.

Kegiatan hiking, renang dan berlayar merupakan kegiatan wajib yang patut anda coba jika berkunjung ke Danau Toba. Air jernih danau yang menyegarkan pasti akan memicu keinginan anda untuk berenang di dalamnya. Selain itu keramahan masyarakat Samosir juga menjadi salah satu alasan utama tempat ini sangat memikat untuk di kunjungi. Masyarakat Samosir sangat terbuka dengan orang luar, bahkan tidak segan mereka menyapa terlebih dahulu pada para wisatawan yang berdatangan ke Pulau tersebut.
3. Istana Maimun


Merupakan objek wisata yang juga tak kalah memikat yang ada di Medan. Lokasi istana Maimun terletak di Jalan Brigjen Katamsotepat di jantung kota Medan, ibukota Propinsi Sumatera Utara.

Objek wisata yang satu ini merupakan objek wisata budaya yang patut untuk dikunjungi. Merupakan warisan elegan berupa landmark ikonik Kota Medan. Istana Maimun sendiri merupakan salah satu warisan dari Kota Deli yang saat itu sempat menjadi bagian dari Kesultanan Aceh.

Tempat ini pernah menjadi bagian dari Kesultanan Aceh namun tepat pada tahun 1669 memilih untuk melepaskan diri. Istana Maimun dibangun oleh 9 Sultan Deli dengan menggabungkan beberapa unsur berbeda yaitu gaya Islam Melayu, Spanyol, India, dan italia. Berjarak sekitar sekitar 100 meter terdapat Masjid Al- maksum yang juga masih bagian drai istana yang lebih dikenal dengan Masjid Agung Medan.

Istana Maimun memiliki setidaknya sekitar 30 kamar yang didominasi warna kuning ini terdiri dari 2 lantai. Istana menghadap timur yang dibagi menjadi 3 induk bagian yaitu  gedung utama, sayap kiri, dan sayap kanan. Dibuka untuk umum, Istana Maimun selalu saja dipenuhi oleh para wisatawan.
4. Berastagi


Kota dengan sejuta keindahan yang ada di Medan Sumatra Utara adalah kota Berastagi. Kotaini terletak di dataran tinggi Karo yang indah, lokasinya berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Medan. Lokasi terletak tepat di ketinggian 1300m, dan merupakan kota andalan di Medan dengan suhunya yang sangat sejuk dan alami. Berastagi menyimpan sejuta pesona alam yang sungguh menakjubkan, hasil karya Tuhan dan harus dijaga untuk selama-lamanya.

Kota Berastagi dikembangkan sejak tahun 1920, dan dulunya merupakan sebuah stasiun bukit Belanda dan kini telah berubah fungsi menjadi objek wisata menarik bagi masyarakat Medan khususnya. Pemandangan Berastagi sangat indah dan sejuk dimana pemandangannya didominasi oleh pemandangan asap api gunung Sinabung dan Gunung Sibayak.

Berastagi sangat tersohor dengan kesegaran sayur dan buah-buahannya karena iklimnya yang bagus dan suhu lingkungan yang cocok untuk tanaman berupa sayuran dan buah-buahan. Buah yang paling terkenal dari kota ini adalah buah markisa dan jeruk manis.  Yang kini telah berhasil menembus pasar internasional karena telah dieksport ke berbagai Negara salah satunya adalah Singapura dan Malaysia.
5. Merdeka Walk


Berbicara mengenai medan tidak lengkap rasanya jika anda belum mengunjungi temapt wisata kuliner tersohor di Medan. Ya, sejak dulu medan memang sangat terkenal dengan kulinernya yang sangat lezat, oleh karena itu jika berkunjung ke Medan jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Medan.

Merdeka Walk, merupakan salah satu lokasi hiburan malam yang ada di medan. Selain itu ditempat ini juga dijajakan kuliner-kuliner nikmat khas orang Medan. Ramai dimalam hari mungkin itu kebiasaan orang medan, dimana jika malam tiba Merdeka Walk terasa sangat berisik dan penuh dengan hiruk pikuk pengunjungnya.

Ada sekitar 30 jenis outlet kuliner dan 700 bangku tersebar diarea tersebut. Beragam kuliner nikmat tersaji di outlet-outlet kuliner seperti soto, lontong sayur, sushi, steak sampai sop buntut dan masih banyak lainnya. Yang lebih menarik lagi adalah, lokasi Merdeka Walk juga sangat ramah terhadap kawula muda yang ingin unjuk gigi mempertontonkan battle dance, sepakbola , band dan masih banyak lainnya. Disamping sisi negatifnya sebagai tempat hiburan malam, Merdeka Walk ternyata masih menyimpan sisi positifnya.

Nah, itulah beberapa tempat wisata Medan paling menarik yang patut anda kunjungi. Orang batak, yang terkenal keras menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Meskipun terlihat garang namun nyatanya masyarakat Medan sangat ramah dan baik hati.Sekian informasi yang bisa saya bagi, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar